SEARCH :
  • posted by Anindya Aug 18th, 2010

    AI2010081708Pidato saat Upacara Peringatan HUT RI ke 65, 17 Agustus 2010, bersama Kelompok Usaha Bakrie

    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

    selamat pagi dan salam sejahtera, om swasti astu

    Saudara-saudara sekalian, keluarga besar Kelompok Usaha Bakrie yang saya cintai dan saya banggakan

    Marilah kita memanjatkan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Kuasa, hari ini kita dapat berkumpul untuk memperingati hari kemerdekaan republik indonesia ke-65. Tidak banyak bangsa-bangsa di dunia yang bisa memperingati hari kemerdekaan dengan kepala tegak dan bangga seperti bangsa Indonesia.

    Bangsa kita berhasil merebut kemerdekaan dari tangan penjajah setelah melalui perjuangan yang panjang. Perjuangan bersenjata dan diplomasi dari pendahulu kita. Banyak darah dan air mata yang mengalir tak terhitung harta benda dan nyawa yang dikorbankan.

    Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia merupakan sebuah upaya untuk menyegarkan kembali ingatan kita kepada perjuangan Bangsa Indonesia, sekaligus sebagai wujud syukur  kita kepada Tuhan yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan.

    Saudara-saudara keluarga besar Kelompok Usaha Bakrie yang hadir di sini, maupun yang berada di seluruh pelosok tanah air, di mana usaha Bakrie berada.
    AI2010081706
    Peringatan kali ini dilaksanakan bersamaan dengan bulan Ramadhan, saat umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Kalau kita buka kembali lembaran sejarah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan oleh bapak bangsa kita, Soekarno –Hatta pada hari jumat 17 agustus 1945, bertepatan dengan tanggal sembilan Ramadhan 1363 Hijriah. Hari ini juga bertepatan dengan tanggal tujuh Ramadhan 1431 Hijriah.

    Jadi setting peristiwanya hampir sama, sebagian dari kita sedang menahan lapar dan dahaga, mengendalikan nafsu dan mencoba lebih menghayati penderitaan kaum fakir, papa, dan mereka yang hidupnya mengalami kekurangan. Saya meyakini betul, bahwa  hari keramat itu jatuh pada sepuluh hari pertama bulan Ramadhan bukanlah merupakan suatu kebetulan. Itu merupakan suatu rahmat dari Tuhan yang Maha Kuasa, kepada seluruh Bangsa Indonesia.

    Rahmat yang diperoleh karena perjuangan yang tulus ikhlas, tanpa pamrih dari para pejuang kemerdekaan. Rahmat karena keyakinan yang sangat besar, bahwa Tuhan yang Kuasa yang menciptakan manusia atas dasar persamaan tidak memandang warna kulit bangsa dan keturunan. Tidak ada superioritas satu terhadap yang lain.

    AI2010081703Sepuluh hari pertama bulan Ramadhan, dalam Islam diyakini sebagai hari-hari di mana Allah subhanahu wata’alla melimpahkan rahmatnya. Pada hari-hari ini seluruh amal perbuatan yang baik dibalas dengan pahala. Bangsa Indonesia mendapat rahmat yang besar berupa kemerdekaan, yang merupakan hak fitrah yang melekat pada semua umat manusia, sebagaimana tercantum dalam naskah proklamasi, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, oleh karena itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Semangat itu  juga  tercantum dalam Universal Declaration of Human Rights. Right to life, right to liberty dan right to security person.

    Saudara-saudara sekalian yang saya hormati.

    Perjalanan sejarah bangsa kita selama 65 tahun diwarnai dengan berbagai pergolakan, pasang surut sebagai bangsa. Saat ini Indonesia  telah menjelma menjadi negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, setelah India dan Amerika Serikat. Indonesia juga merupakan negara muslim terbesar di dunia.

    Muslim dan demokrasi adalah perpaduan yang unik dan menarik. Indonesia bisa menjadi contoh bagi dunia bahwa demokrasi dan sikap relegiusitas bisa bertemu, berjalan secara selaras, dan tidak perlu dipertentangkan. Kalau toh saat ini ada kelompok-kelompok tertentu yang mengusung kekerasan atas nama agama, saya yakin sepenuhnya itu bukanlah nilai-nilai Bangsa Indonesia sesungguhnya. Itu bukanlah nilai-nilai yang kita yakini dan diwariskan oleh bapak pendiri bangsa.AI2010081713

    Bangsa Indonesia adalah bangsa yang menghargai kemajemukan. Bangsa yang menghargai perbedaan sebagai suatu kekayaan, bukan perpecahan. Semangat ini jelas tertera dalam keyakinan kita, yakni Bhineka Tunggal Ika, kita berbeda-beda tetapi tetap satu. Semangat ini harus kita pegang teguh, kita pupuk, di tengah munculnya kelompok-kelompok  kecil, yang tidak toleran atas adanya perbedaan. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran dan cinta damai.

    Saudara-saudara sekalian keluarga besar Kelompok Usaha Bakrie yang saya cintai.

    Kemerdekaan mempunyai makna yang luar biasa. Itu merupakan hak yang paling hakiki dari manusia. Melalui kemerdekaanlah bisa mengaktualisasikan diri, mewujudkan mimpi-mimpi kita.

    ijinkanlah saya dalam kesempatan ini mengutip sebuah puisi yang ditulis oleh pendiri Kelompok Usaha Bakrie, Bapak Haji Achmad Bakrie. Puisi ini saya nilai sangat tepat dan kontekstual dengan arti kemerdekaan.

    Kemerdekaan menciptakan kesempatan.

    Kesempatan memberikan harapan.

    Harapan membentangkan kehidupan dan masa depan.

    AI2010081712Kemerdekaan adalah sebuah nikmat, sebagaimana ditulis dengan indah dan sarat makna oleh Haji Achmad Bakrie. Nikmat kesempatan, nikmat kehidupan, dan nikmat untuk bisa merancang masa depan yang lebih baik. Antara proklamasi dan nilai dasar yang diwariskan Haji Achmad Bakrie mempunyai korelasi yang secara tekstual direkam dalam Piagam Bakrie, dan dicanangkan pada tanggal  10  Februari  2010. Berisi Trimatra Bakrie :

    Keindonesiaan, kemanfaatan, dan kebersamaan.

    Inilah ruh dari falsafah Bakrie Untuk Negeri. Trimatra Bakrie adalah nilai dasar yang diharapkan mampu menjaga keseimbangan tiga dimensi kehidupan manusia. Aspek spiritual, aspek intelektual dan aspek emosional.

    Kelompok Usaha Bakrie, tempat kita bersama-sama bahu membahu bekerja keras, dan cerdas, mencari rezeki, hanya bisa tumbuh berkat kemerdekaan itu. Sebagai wujud syukur dan rasa terima kasih kepada negeri ini kepada para pendiri bangsa ini kita telah memiliki sebuah yayasan yakni Yayasan Bakrie Untuk Negeri.

    Melalui yayasan ini, kita mencoba membalas jasa negeri ini kepada kita. Walaupun sangat kecil artinya, Yayasan Bakrie Untuk Negeri selain aktif mengabdikan diri dalam berbagai bencana di dalam negeri, juga mulai memfokuskan diri dalam bidang pendidikan dan menciptakan jiwa kewirauasahaan di kalangan generasi muda.AI2010081701

    Pendidikan adalah salah satu jalan agar bangsa kita dapat berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Sementara kewirausahaan adalah indikator kemajuan perekonomian suatu bangsa. Bangsa-bangsa yang banyak memiliki pengusaha, adalah bangsa yang maju secara perekonomiannya.

    Saudara-saudara sekalian yang saya hormati.

    Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk melaporkan kepada saudara-saudara berdirinya sebuah lembaga amal baru pada Kelompok Usaha Bakrie. Barangkali sebagian dari saudara telah membacanya di media massa, tapi tidak ada salahnya saya melaporkannya secara resmi, kepada saudara-saudara. Lembaga itu bernama Bakrie Center Foundation. Program kerja BCF ada dua yakni kajian strategis dan bea siswa untuk program pasca sarjana.

    Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kasih. Untuk bidang kajian strategis telah berdiri Bakrie Chair for Southeast Asia Studies, bekerjasama dengan lembaga think tank terkemuka di Amerika Serikat, Carnegie Endowment for International Peace. Program tersebut telah diresmikan akhir bulan juli lalu, di Washington DC. Sementara untuk program bea siswa, kita telah bekerjasama bersama sejumlah perguruan tinggi ternama di dalam dan di luar negeri.

    Saudara-saudara yang saya cintai.

    AI2010081714Itu semua merupakan wujud dari komitmen kita untuk tumbuh bersama dan maju bersama bangsa ini. Mari kita ciptakan budaya sebagai pribadi, dan kelompok yang kontributif. Sekecil apapun sumbangsih kita, akan sangat berarti buat bangsa ini.

    Dirgahayu Republik Indonesia, selamat menikmati dan mensyukuri kemerdekaan dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Salam hormat saya untuk seluruh keluarga besar di rumah dan yang tidak bisa hadir bersama kita pagi ini.

    Salam untuk negeri

    Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

    Lapangan GMSB Jakarta,
    17 agustus 2010M – 7 ramadhan 1431H

    Ketua Badan Pelaksana Gerakan Bakrie Untuk Negeri

    Anindya N Bakrie

    Share this post
    • Print this article!
    • Facebook
    • Twitter

11 Responses to “Memaknai Kemerdekaan, Memajukan Negeri”

  1. indra says:

    Setuju.Sikap toleran saat ini mulai dicabik2 kelompok tertentu.
    Dirgahayu Ri ke-65

  2. susilo says:

    Mantab pidatonya..

  3. Danu Raharja says:

    Memang semua berawal dari kemerdekaan..setelah itu baru memajukan bangsa..

    semoga kita semua berhasil menjalankan amanah memajukan bangsa yang dititipkan pendahulu kita yang berjuang harta dan nyawa

  4. Kamajaya says:

    Merdekaaa!!!!!!

  5. Endang Winarsih says:

    semoga menjadi inspirasi untuk kita semua membangun negeri..

  6. Batara L Toruan says:

    Jayalah Bangsaku Indonesia n bgitu juga Usaha Bakri group snantiasa menjadi No 1 diIndonesia…MERDEKA…HORAS..

  7. Garden Samaratungga says:

    Sukses Utk Bakrie Corporation. SMg bs membawa nama harum Indonesia dalam kancah global. Sukses utk Bakrie! Salam

  8. Rahman Kusuma says:

    Yayasan Bakrie Untuk Negeri jalan terus…kembangkan dengan berbagai dimensi untuk kesejahteraan dan mengangkat rakyat kecil….sukses selalu!!!!!

  9. Vinod Sharma says:

    Hi Pak

    I really like this blog

    Many Many Success for Bakrie and You

  10. abduh z.a says:

    Bangsa yg baik bukan hanya bangsa yg menghormati para pahlawannya, melainkan juga harus mengisi kemerdekaan yg telah mereka rengkuh dan perjuangkan. selamat!..

  11. Great ! Pidato seorang Negarawan muda yang SMART. Pidato ini selain Memiliki visi ke Indonesiaan, Kemodern juga dipadankan dengan tantangan bangsa ini di era globalisasi yang harus dipersiapkan oleh setiap warga bangsa segera, now or never.

    Keluarga Bakrie memang sangat smart melakukan regenerasi, dan patut ditiru dan diteladani oleh keluarga besar bangsa tercinta ini. Sukses utk bung Anindya, Sukses utk keluarga Besar Bakrie dan Jaya Lah Indonesia ku.

Leave a Reply

Spam Protection by WP-SpamFree