SEARCH :
  • posted by Anindya Jul 7th, 2014

    ANB Dialog KadinBeberapa waktu yang lalu (Jumat 20 Juni), Kadin Indonesia menggelar dialog terbuka dengan capres dan cawapres yang berlaga di Pemilu Presiden 2014 ini. Acara ini kami gelar di Jakarta Theater, mulai pukul 18.30 sampai 22.00 WIB, yang dibagi dua bagian. Pukul 18.30 WIB dialog dengan Pasangan Prabowo-Hatta, dan pukul 20.00 WIB dengan Jokowi-JK.

    Dalam acara dialog yang kebetulan saya ditunjuk sebagai ketua panitia penyelenggara ini, kami mengusung tema “Memilih Pemimpin” dengan subtema “Membangun Perekonomian yang Mandiri, Adil dan Berkelanjutan”. Acara ini selain dihadiri pengurus Kadin pusat dan daerah, juga dihadiri oleh kamar dagang asing (foreign chambers). Para hadirin, bisa ikut bertanya kepada para capres dan cawapres.

    Acara ini, disiarkan oleh dua televisi berita ternama di Indonesia yaitu tvOne dan Metro TV. Juga dipandu oleh dua presenter dari dua televise tersebut yaitu; Alfito Deanova dan Aviani Malik.

    Banyak yang bertanya, mengapa Kadin membuat acara ini? Bukankah sudah ada acara serupa yang dibuat KPU, yaitu debat capres-cawapres, yang salah satu topiknya juga tentang ekonomi?

    Kami memang sengaja membuat acara di luar lima debat resmi yang diselenggarakan KPU. Acara seperti ini bagi Kadin bukan hal yang baru. Bagi kami acara seperti ini sudah menjadi tradisi selama 10 tahun terakhir. Sebab sejak pemilu 2004 kami sudah menyelenggarakan dialog dengan capres-cawapres.

    Lalu apa bedanya acara yang kami gelar dengan yang digelar KPU?

    Acara kami formatnya adalah dialog, sementara acara KPU formatnya adalah debat. Debat, cenderung mencari dan mempertajam perbedaan, sementara dialog adalah mencari persamaan dan titik temu yang bisa dijadikan solusi maslah bangsa. Di situlah letak perbedaannya.

    Acara dialog ini juga penting bagi Kadin sendiri yang mewakili komunitas bisnis untuk menyampaikan pertanyaan, dan permasalahan yang dihadapi dunia usaha di Indonesia. Kami berharap nantinya presiden dan wapres terpilih dapat memberikan perhatian dan memenuhi harapan dunia usaha.

    Dengan dialog ini, kami juga berharap akan bisa menggali dan memahami visi dan misi dari masing-masing kandidat. Selain itu, kamu juga berharap masukan, dan harapan kami bisa didengar oleh para capres-cawapres. Selanjutnya, masyarakat Indonesia yang menyaksikan dialog ini juga akan tahu dari masing-masing kandidat, kemana masa depan Indonesia akan dibawa.

    Inilah cara Kadin memperkenalkan capres dan cawapresnya kepada masyarakat Indonesia. Semoga berkenan dan mohon maaf jika ada kekurangan.

    Bagaimana jalannya dialog Kadin dengan dua kandidat capres-cawapres tersebut? Silahkan saksikan sendiri dalam video di bawah ini.

Leave a Reply