SEARCH :
  • posted by Anindya Jun 25th, 2014

    banner-anin-WorldCup2014Pesta sepak bola dunia, Piala Dunia 2014 telah tiba. Milyaran mata penduduk dunia kini terpaku pada perhelatan akbar empat tahunan yang digelar di Brazil itu. Alhamdulillah PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) kali ini menjadi media partner dalam menyiarkan seluruh pertandingan sepak bola tersebut di Indonesia.

    Selain layanan yang diberikan VIVA baik siran melalui tvOne, antv, VIVA.co.id, VIVA+, VIVA All, dan lain sebagainya, saya juga punya ide untuk ikut mencoba membuat agar pesta olahraga terpopuler di dunia ini menjadi semakin meriah. Jika masih ingat, dua tahun lalu, saya membuat turnamen World Club Champion Footbal (WCCF) 2012-13. Turnamen game yang diikuti oleh banyak gamer ini adalah pemanasan untuk memeriahkan Piala Dunia (selengkapnya baca di postingan saya ini)

    Untuk memeriahkan Pesta World Cup 2014, saya membuat sebuah kompetisi kecil. Kali ini yang saya tantang bukan para gamer, tapi ahli IT yang tergabung dalam komunitas IT ataupun komunitas digital. Saya menyasar komunitas IT di tiga kota yaitu: Yogyakarta, Malang, dan Bandung untuk mengikuti lomba ini.

    Sabtu, 7 Juni lalu saya terbang ke Yogya dan bertemu dengan komunitas IT di Condongcatur, Sleman. Di sana, saya dan rombongan diskusi dengan para ahli IT kota gudeg ini dengan santai sambil lesehan. Mereka menunjukkan berbagai aplikasi yang mereka buat kepada saya. Semua bagus-bagus dan menarik.

    Kepada mereka, saya menyampaikan agar tetap semangat, berani bermimpin, dan terus bekerja keras untuk mencapai keberhasilan. Banyak startup besar dunia yang sukses, dibangun dari komunitas kecil atau individu kreatif seperti mereka. Yang penting dalam berusaha jangan takut gagal. Jika gagal, harus segera bangkit dan berusaha lebih keras lagi.

    Mengenai karya atau aplikasi yang mereka ciptakan terkait Piala Dunia, saya meminta agar disempurnakan lagi dan akan dijajaki peluang kerjasamanya. Apalagi saya memang menantang komunitas IT untuk membuat aplikasi terkait hal itu.

    Apa saja tantangan yang bisa dikerjakan oleh para komunitas IT? Intinya adalah aplikasi apa saja yang berhubungan dengan sepak bola atau Piala Dunia. Bentuknya bisa berupa game, news update, aplikasi/portal menggunakan SSO viva-id sebagai syarat penggunaan konten eksklusif, mempunyai fitur integrasi dengan media sosial. Selain itu, karya tersebut tidak boleh berunsur SARA, politik, maupun pornografi.

    Bagi mereka yang menerima tantangan saya dan berhasil memenangkannya akan diberikan hadiah berupa kesempatan kerjasama yang lebih jauh dengan VIVA dan beberapa hadiah menarik lainnya.

    Dari tantangan saya itu, kemudian banyak komunitas yang menerima tantangan melalui simpul di masing-masing komunitas. Hasilnya, sudah ada tiga pemenang, yaitu: aplikasi Thefans, sebuah aplikasi untuk follow news dan content tim favorit di Piala Dunia. Aplikasi ini dibuat oleh Studio Onebit dari Yogya dan baru-baru ini sudah bisa di download di Android Play Store. Selanjutnya ada aplikasi Info Piala Dunia Brazil untuk windows phone yang dibuat Rainstudio dari Malang, dan dari Malang juga ada portal ongisnade.co.id, yang berisi informasi mengenai AremaMalang dan para pendukung fanatiknya (Aremania).

    Itulah tantangan saya untuk komunitas IT yang disambut baik oleh mereka. Semoga bisa menyumbang kemeriahan pesta sepak bola sejagad raya dan bermanfaat bagi pecinta sepak bola di Indonesia.

    Bagi komunitas IT yang belum berkesempatan ikut atau menang, tenang, jangan berkecil hati. Tunggu tantangan saya berikutnya.

Leave a Reply