SEARCH :
  • posted by Anindya Sep 8th, 2012

    Bulan Ramadan telah berlalu, demikian pula dengan lomba “Ayo Bagi Foto Menu Seru Buka Puasa!” yang saya gelar untuk memeriahkan bulan suci itu. Sejak digelar mulai 31 Juli sampai 18 Agustus 2012, ratusan foto masuk. Semuanya seru dan menarik.

    Beberapa karya saya publish di album foto Facebook saya. Karya para peserta menunjukkan betapa kayanya kuliner negeri tercinta ini. Juga menggambarkan betapa meriahnya tradisi kuliner Ramadan kita.

    Kemudian saya dibantu tim menyeleksi foto-foto tersebut untuk ditentukan lima pemenang. Ini tidak mudah, karena harus memilih sedikit dari banyak karya menarik. Maka kita pun menilai dengan empat parameter ini:

    1. Uniqueness: penilaian tentang keunikan dari makanan (bobotnya 40%)

    2. Suitability: penilaian terhadap kecocokan makanan dengan tema lomba (bobotnya 30%)

    3. Caption Story: penilaian terhadap cara penyampaian informasi dari makanan (bobot 20%)

    4. Photo Technique: penilaian terhadap hasil foto (bobot 10%)

    Dari sana kemudian didapat lima menu seru, yang selanjutnya menjadi pemenang lomba ini. Ini dia para pemenangnya:

    Juara 1:

    “Martabak Kering” karya Wahyu Efendi

    juara 1 Martabak KeringCaption: “Martabak Kering” bukan mengenai hidangan spesial,mahal,bukan juga unik melainkan hidangan yang sangat sederhana sekali yg mungkin tidak bisa dijumpai dikota,saya menyebutnya ini “martabak kering”krn kulit luarnya yg sangat gurih dan sampai sekarang saya juga belum tau nama asli makanan ini apa,makanan ini saya jumpai dan membelinya dari seorang ibu-ibu yang berjualan dipinggiran jln disebuah dusun kecil, pada saat itu saya perjalanan pulang dari rumah kakek saya kmren, sempat saya bertanya nama makanan ini kepada ibu itu katanya gini “iki martabak’e wong ndeso le!!” artinya itu “ini martabaknya orang desa nak!”, dengan uang Rp 10.000 rupiah saja saya sudah bisa memborong jajanan ini dan membawanya pulang sebagai teman berbuka saya, memang ini makanan rakyat,murah sekali kan!! martabak ini gak kalah enak deh sama makanan lainya yg lebih mahal,dijamin, selain luarnya yg gurih dalamnya malah lembut, soalnya dalemnya campur tahu kasih telor gitu,ada toge, wortel dan sejenis sayuran gitu,ada udangnya jg,apalagi ditambah sambelnya itu,wahhh leziizzz…makan 2 biji aja bener-bener bikin perut langsung kenyang, udah murah banget,enak,sehat lagi soalnya banyak sayuran dalemnya dan gak ngandung kolestrol banyak2,kan biasanya kalo buka puasa identik dgn yg spesial,yg enak pasti ngandung kolesterol banyaaakkk!!!gak baik buat kesehatan, sekali lagi bulan puasa itu spesialnya tidak terletak di menu buka puasanya! :D

    Juara 2:

    “Sate Landak” karya Re Za

    juara 2 Sate LandakCaption: Nih yang unik, buka puasa pake sate landak siapa yang pernah coba? (FYI: landak itu gak haram loh). Sate landak ini bisa kita dapatkan dengan harga 20.000/porsi. Rasa dan tekstur dagingnya juga unik. Lokasinya ada di Jalan Raya Tawangmangu-Matesih KM.2 Tawangmangu, namanya RM Gunung Mas. Di Tawangmangu, sate landak emang jadi daya tarik tersendiri, banyak yang jual disini.

    Juara 3:

    “Pindang Kepala Simba ala Lampung” karya Saka Agus Sani Kalim

    juara 3 Pindang Kepala Simba LampungCaption: PINDANG KEPALA SIMBA alaLAMPUNG…..sungguh kuliner unik yang luarbiasa….bahkan di restoran disalah satu daerah wisata dilampung ini menyediakan kepala simba jumbo yg besarnya hampir sebesar piring kue/wajan ukuran sedang yang bisa dimakan hingga 6 orang. Segar dan gurihnya ikan dipadu denagan kuah asam yg segar dr nanas….dipadu dengan sambal terasi,urap, sayur genjer dan samabal jengkol…sungguh jadi penghargaan sempurna u/ puasa saya hari ini…Kalo maen2 ke lampung,kuliner ini wajib dicoba

    Juara 4:

    “Garang Asem Ikan Kembung” karya Yamtono Sardi

    juara 4 Garang Asem Ikan KembungCaption: Menu buka puasa sy ” garang Asem ikan Kembung “, makanan khas solo Jateng, biasanya dibungkus pakai daun pisang. Bisa juga diisi dgn ayam atau daging. bisa dibuat sendiri dirumah.Oh ya ikannya bisa dibeli diabang-abang tukang sayur.

    Juara 5:

    “Kelinci Mentega Lada Hitam” karya Valent Febriliany

    juara 5 Kelinci Lada HitamCaption: “Kelinci mentega lada hitam” berbahan dasar : kelinci ungkeb (bumbu bercita rasa Indonesia),bawang bombai,mentega,& lada hitam. Perpaduan antara kelinci ungkeb dengan mentega & lada hitam membuat rasa masakan ini top markotop :) . Dengan mengeluarkan kocek hanya Rp.80.000,- sudah bisa membuat kelinci mentega lada hitam di rumah sendiri sebanyak 10 porsi. #menuserubukapuasa

    Selamat untuk para pemenang. Silahkan menghubungi saya melalui message Facebook, untuk memberikan nama, nomor identitas, alamat, no telepon, untuk keperluan penyerahan hadiah dan sebagainya. Saya tunggu segera.

    Buat para peserta lainnya, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasinya. Ikuti terus media sosial saya, kapan-kapan kita buat lomba lagi. Mungkin saat itu anda yang akan beruntung sebagai pemenang.

    Sekali lagi terima kasih, dan mumpung masih bulan Syawal saya sekaligus ingin memohon maaf lahir batin jika ada kesalahan selama berinteraksi dengan anda semua di media sosial saya. Taqoballahu mina wa minkum.

Leave a Reply