SEARCH :
  • posted by Anindya Oct 19th, 2009

    Penyerahan roadmap Kadin kepada pemerintah, dihadiri pula oleh Ketua Kadin Bpk MS Hidayat

    Penyerahan roadmap Kadin kepada pemerintah, dihadiri pula oleh Ketua Kadin MS Hidayat

    Perkenankan saya melontarkan pertanyaan di atas kali ini sebagai Wakil Ketua Umum KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia yang sedang mensosialisasikan Road Map-nya. Road Map ini juga telah disampaikan kepada Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2009-2014.

    Seperti halnya seorang pilot yang selalu mempunyai flight plan ketika menuju suatu arah, sebuah pemerintahan juga membutuhkan suatu road map dalam mencapai sasarannya. Untuk itulah KADIN Indonesia sebagai wadah dunia usaha (menaungi 33 KADIN Provinsi dan ratusan asosiasi profesional) telah merampungkan Road Map untuk Pemerintahan 2009-2014. Proses perumusan Road Map ini berlangsung selama enam bulan.

    KADIN berpendapat pemerintahan kali ini benar-benar mempunyai taruhan yang sangat besar dalam perkembangan ekonomi Bangsa selama 20 tahun ke depan. Jarang sekali suatu pemerintahan mendapat kesempatan untuk melanjutkan kinerjanya selama lima tahun lagi berdasarkan mandat penuh dari rakyat, baik di lembaga eksekutif maupun legislatif.

    Oleh karenanya–seperti juga dilakukan di periode-periode sebelumnya–KADIN sekali lagi berinisiatif untuk memberikan sumbang pemikirannya. Besar harapan kami, pemerintahan kali ini mampu ‘hit the ground running,’ (dan buka ‘hit and run’) karena telah mempunyai pengalaman berharga selama termin lima tahun pertama.

    Berdasarkan permintaan banyak pihak di Facebook dan Twitter, saya cantumkan Road Map tersebut di sini. Silakan dipelajari dan dikomentari. Di era ‘online’ dan ‘crowd sourcing’ ini, mendapat semakin banyak masukan dan kritik membangun tentu akan membuat Road Map ini jadi semakin baik. Terima kasih.

2 Responses to “Road Map Ekonomi dan Industri, Perlu Ada?”

  1. Penjabaran sangat menarik, dan sepertinya apa yang ada dalam Road Map Kadin tersebut seharusnya sudah diperhatikan pemerintah dari jauh2 hari…jangan hanya menjadi wacana bagi pemerintah!

    Contoh konkrit
    Sampai saat ini Cetak-biru tentang Industri kreatif yang katanya sudah dibuat ternyata dilapangan belum “menyentuh” apa yang dinamakan “insan2 kreatif” yang sedang atau sudah memulai menjalankan “kreatifitas”nya terutama support perbankan…

    Kesimpulannya: Selain menyodorkan RoadMap kepada pemerintah, KADIN harus tetap memantau dan “menekan” pemerintah untuk tanggap dan merealisasikannya (walaupun dengan pertimbangan tentunya).

    Maaf, kalo ada komen saya yg tidak berkenan atau “nggak” nyambung…
    Wassalam,

  2. Ida says:

    Wah melihat ringkasan roadmapnya yang panjang dan njelimet saya jadi sedikit pusing. Tapi yang penting tadi sekilas saya baca ada kata-kata mendukung usaha kecil gitu… Kalau saya sih mendukung seratus persen deh kalau programnya bertujuan mendukung usaha kecil. Supaya yang kecil-kecil juga berkembang gitu.. Semoga saja roadmap ini didengerin pemerintah dan tidak cuma menjadi konsep-konsep indah di atas kertas. Amiin. Maju terus pak Anin!! ((:

Leave a Reply